Objek Kajian (Film Mars "Mimpi Ananda Raih Semesta") disertai dengan Analisis Semiotiknya

PENDAHULUAN :
Saya pribadi memilih objek seni dari film Mars "Mimpi Ananda Raih Semesta" yang dimana film ini telah dirilis pada tahun 2016, pada film ini yang membahas tentang perjuangan mati-matian seorang Ananda (Sekar) yang sangat giat dan ambis di sekolah dan kampusnya sehingga ia mendapatkan gelar Magister. 
Kenapa saya pribadi memilih objek kajian pada film ini ? Karena alur cerita serta kondisi didalam cerita film tersebut sangat relate dengan saya pribadi, karena perjuangan yang sangat giat dan ambis yang mirip sekali dengan saya pribadi dalam bekerja serta sambil kuliah saat ini demi mencapai cita-cita atau masa depan yang diinginkan.


ISI :
Penanda : 
Seorang anak atau remaja yang berasal dari desa yang bernama Sekar Palupi yang bermimpi sangat ingin sekali meraih semesta

Pertanda :
Oleh karena itu Sekar Palupi belajar dengan rajin dan giat di sekolahnya, ditambah dengan dukungan serta usaha dari si Sekar Palupi dan juga tidak lupa dari doa orang terdekat, keluarga terdekat serta orang tuanya untuk bisa mencapai impiannya.

                                                             Poster Film Mars "Mimpi Ananda Raih Semesta"

Pada objek kajian film ini, saya menggunakan "1" teori yang dimana terdapat pada Filmic Communication, yaitu :
Filmic Communication :

2.1 Asymmetry Of Semiosis
     Pada Teori ini yang dimaksud atau bisa disebut sebagai alur yang membahas tentang isi pesan yang akan disampaikan dari film itu sendiri yang lebih tepatnya seperti pada buku, akan tetapi yang bermaksud tidak seperti bahasa secara lisan. Sebuah film yang memiliki makna dan pesan yang tidak akan dapat langsung ditanggapi oleh audiens atau sang penonton dengan terdapatnya kode "code" yang sebagian besar sama. Sebuah pesan yang memiliki umpan balik dari reaksi audiens atau sang penonton serta ulasan kritis atau non kritis yang hanya mencapai seorang produser film itu dengan memiliki tempo jarak penundaan. Menurut saya jika Film ini dikaitkan dengan objek kajian yang ingin saya kaji adalah bawah sebuah film mars ini menampilkan bahasan yang menyampaikan mempunyai beragam interpretasi dan dalam selang beberapa waktu sehingga si penonton atau audiens dapat bisa menyimpulkan sebuah pesan yang terdapat pada film mars tersebut yaitu perjuangan kerja keras serta keseriusan yang ambis dan giat dalam meraih impian atau semesta sehingga pada umpan balik dari audiens dan juga produser film akan mengalami penundaan karena melihat dahulu reaksi dari banyak audiens atau penonton lainnya.


KESIMPULAN :
Kesimpulan dari semua ini adalah "Mimpi Ananda Raih Semesta" ini penyampaian pada trailer film tersebut ketika kita melihat atau menonton trailer filmnya kita akan merasa sudah paham tentang alur cerita film tersebut ingin kemana walau ada beberapa penonton juga ada yang masih kebingungan tentang alurnya serta para penonton atau audiens merasakan sensasi semiotik perjuangan dan kegigihan ambis yang dirasakan oleh audiens pada film ini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanda dan Petanda (Signifier dan Signified) dari Ferdinand de Saussure dalam Pengalaman Pribadi

PENGALAMAN IMPLEMENTASI PADA RUANG DESAIN